Mengenal Dan Waspada Data Penipuan Melalui Hand Phone Pada Masyarakat Desa Talang Jelatang

Authors

  • Nurmaleni Institut Teknologi Pagar Alam
  • Kasman Institut Teknologi Pagar Alam

Keywords:

Handphone, Data Diri, Digital, Pelatihan, Penipuan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan pengguanaan pada handphone era digital kepada masyarakat Desa Talang Jelatang Kota Pagar Alam. Pengenalan ini perlu di sebar luaskan pada pemuda maupun orang tua dan lanjut usia, agar terhindar dari segala jenis penipuan dan kebocoran data pribadi. Tanggal lahir, nama Ibu kandung, tempat lahir dan kartu identitas jenis lainnya. Metode yang digunakan adalah presentasi, demonstrasi dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan minat masyrakat terhadap perlindungan dan kehati-hatian saat bertransaksi online atau menggunakan data pribadi. Hasil dari sosialisasi ini masyarakat mampu menjaga data diri, menahan data dari ancaman scam, melaporkan jika ada bukti kuat jika sudah terlanjur terjadinya kecurian data, dan jenis penipuan yang meminta data pribadi.

References

Andika, D. 2024. Waspada, Modus Penipuan lewat Telepon, Ini Ciri-Cirinya. Tempo

Bimo, K. 2024. Ini Cara Lapor Penipuan Transaksi Online dan Bukti yang Perlu Dikumpulkan. Kontan.co.id.

Hartanto, H. (2022). Karakteristik Penipuan Sebagai Kejahatan Siber Tertinggi di Indonesia DIKTUM: JURNAL ILMU UKUM. DIKTUM. 219-233. doi: 10.24905/diktum.v8i2.210

Ihsan, M., Burhayan. (2024). Hambatan dalam Menangani Tindak Pidana Penipuan Melalui Media Sosial (Online) oleh Siber Dit Reskrimsus Polda Sumsel. Rio Law Jurnal. 05(2), 417-426.

Muhamad, S., Divia, P.S., Shindy, Q.R., Muhamad, I., Muhamad, S., Muhammad, A.A., Zara, A., Farhan, A.P., Nur ,N.S. (2021). Penyuluhan Pencegahan Tindakan Scam Pada Teknologi Bersama Masyarakat Durensari Bojongsari Depok. JATIMIKA. 02(3), 487-490.

Pajar, P. (2020). Cybercrime dalam Konteks Penipuan Telepon Seluler. JPPI. 10(1), 73-85.

Rachma, P & Firman, N. H. (2024). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Getcontact Sebagai Perlindungan Modus Penipuan Dengan Metode User Experience Questionnaire. JIPI. 10(2), 2054–2063. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.5544

Downloads

Published

2025-07-30